Thursday, January 17, 2013

Kapo-kapo Island, another part of heaven that located in Indonesia, West Sumatera

Ada yang bilang kalau Indonesia adalah bagian surga yang terletak di Bumi. Mengapa sebagian besar masyarakat dunia berkata demikian? Semoga jawaban berikut memuaskan hati pembaca,
1.      Indonesia adalah Negara maritim yang kaya dengan hasil laut.
2.      Iklim Indonesia yang merupakan daerah tropis, cocok untuk pertumbuhan berbagai macam spesies tumbuhan dan hewan.
3.      Wilayah Indonesia subur.
4.      Indonesia kaya akan hasil tambang, tapi sebagian besar kekayaan ini kebanyakan tidak diekspos.
5.      Kondisi alam yang indah. Wow !! U can imagine how beautifull Indonesia is.
Saya tidak akan panjang lebar berbicara tentang keindahan Indonesia. Belakangan ini, tepatnya tanggal 13 Januari 2013, saya dan rombongan Padang Backpacker Community (PBC) mengadakan Tour de Pulau One Day Trip. Di mana kami mengunjungi empat pulau dalam satu hari. Pulau yang kami kunjungi adalah gugusan kepulauan Cubadak (Cubadak Island), meliputi : Pulau Kapo-kapo (Kapo-kapo Island, Pulau Setan (An Evil Island), Pulau Pasia Panjang (Pasir Panjang), dan Pulau Cubadak (Cubadak Island).
Gambar Letak Pulau Kapo-kapo
Kali ini saya lebih memfokuskan tulisan ini untuk mengekspos Pulau Kapo-kapo. Pulau Kapo-kapo terletak paling ujung plus paling jauh dari Pulau Cubadak. Selama ini, turis domestic maupun mancanegara cuma mengetahui Pulau Cubadak. Tiga pulau yang menjadi bagian dari trip kami ini sangat jarang terdengar, bahkan saya sebagai orang asli minang (selanjutnya disebut Minangese), baru mendengar keberadaan tiga pulau yang telah disebutkan tadi. Ciiieh #mulaihilangformalnya.
Perjalanan dimulai ketika saya harus menunggu jemputan yang disediakan untuk trip ini. Saya menunggu mulai dari jam 07.00 WIB, bersama dua orang teman saya. Huft, saya benci sekali kalau harus ngaret. Kemana yang lain? Bahkan selorohan salah satu teman saya mengatakan bahwa kita ketinggalan bis. What the hell?? Gak mungkin. Saya tahu teman saya yang satu itu hobi ngibulin kita (kalo lagi nunggu gini). Sekitar pukul 7.45 WIB, mulai dating segerombolan perempuan dan laki-laki yang tidak saya ketahui.Tapi salah satu teman saya mengenali mereka. Yap, mereka adalah rombongan BPC juga, dari arah By pass ke Limau Manis. Yap, mereka memperkenalkan diri satu persatu, jabat tangan, gentle sekali. Karena kita akan bersama-sama lebih 12 jam kemudian. Terkadang, hal-hal ini merupakan kesan pertama yang tidak boleh dilupakan.
Akhirnya, dengan sabar menunggu, puku 8.45 WIB bus datang juga. Kami menaiki bus Painan Jaya. Sekedar tahu saja, untuk One Day Trip ini saya merogoh kocek Rp 130.000. Biaya ini termasuk biaya transportasi bis PP, sewa kapal PP 4 pulau, pelampung, makan siang, dan snack.Lumayan. Saya pikir saya merogoh kocek sia-sia. Ternyata tidak. Silahkan Pantengin beberapa gambar yang akan membuat anda berdecak kagum.
Perjalanan melewati pulau-pulau:
Sampai di hutan bakau, dilanjutkan dengan sekoci karena badan kapal yang terlalu besar:
Ditambah beberapa orang teman yang gokil rela basah-basahan


Masih di tepi pantai


Melewati hutan bakau, kebayang ga ini di film apa?



  Sore, Pukul 5.50 WIB

Kekayaan Laut dan Pantainya (Ini cuma di tepi pantai lho, udah ada bunga karang)




Melesat ke Pulau Setan





Masih di tepi pantai, udah ada ginian :D

Kegiatan BPC Sebelum Snorkling



 



Santai Habis Snorkling



Pemandangan sekitar


Sampai di Desa Pulau Kapo-kapo



Kegiatan BPC


Kegiatan BPC

Masih Sepi

Kegiatan BPC


Kegiatan BPC

Pukul 5.45 WIB


Mau pulang, poto bareng dulu


Melewati hutan bakau, kebayang ga ini di film apa?

Poto Bareng di Dermaga

Going Back


Video Keadaan Pantai Di Pulau Kapo-kapo

Hmmm,, sekian laporan saya tentang keindahan pulau Kapo-kapo. Sebenarnya kalau pemerintah mengelola, Pulau-Pulau di Sumatera Barat akan jauh lebih indah dari Lombok, Bali, atau Gili Trawangan yang lagi terkenalnya.
This post dedicated to backpacker community around the world. My deepest hope, that u all guys, know how beautiful my land, beautiful west sumatera, Wonderful Indonesia. It is true, that my land, my country, is a part of heaven that located on the earth. We’ll wait u to come, explore the beautiful of our land :D

2 comments:

fifan_w_toro said...

WOw! saya juga secara gak sengaja habis dari sana bro, btw kapo2 itu pantai kan? sebab masih satu pulau dengan Cubadak...cmiiw, dan juga tempat ini masih belum terlalu touristic, tapi sayangnya saya gk berkesempatan menjelajahi pulau setan, dll:(

Unknown said...

Kapo2 itu pulau bro. sederetan dengan kepulauan cubadak. Hehe, kalau menurut saya sih, karena kurang fasilitas dan publikasi aja. Kalau pulau setan, masih alami banget, sampe2 digigit ubur2 dlm spongebob

Social Icons